5 Perawatan Pemutih kulit Ini Sering Dilakukan, Suntik Vitamin C

Bila Anda melakukan pencarian, misalnya dalam Google, dengan kata kunci ‘wajah cantik’ atau ‘wajah sempurna’, pasti rata-rata yang muncul adalah ‘kulit putih’. Mengapa demikian? Ya, hal tersebut karena, wanita yang cantik memang identik dengan kulit yang putih, bahkan mungkin Anda memang dengan kata kunci tersebut sedang mencari bagaimana cara untuk memutihkan kulit.

Berbicara tentang memutihkan kulit, memang saat ini banyak produk pemutih kulit yang beredar di pasaran, misalnya suntik Vitamin C. Namun apakah dari berbagai produk itu aman digunakan? Jawabannya tentu tidak, karena ada beberapa perawatan yang akan merusak kulit karena tidak cocok dengan jenis kulit Anda.

Penyebab Warna Kulit Menggelap?

Sebenarnya, apa sih yang menjadi penyebab kulit menggelap? Perlu diketahui, bahwa yang menentukan warna kulit Anda adalah banyaknya melanin di dalamnya. Dimana melanin ini merupakan zat pewarna tubuh yang dihasilkan oleh suatu sel bernama melansit, sehingga jika semakin banyak melanin yang terbentuk, maka kulit akan menjadi semakin gelap.

Lalu apa yang menjadi pemicu produksi melanin meningkat? Hal tersebut tentu karena banyak faktor. Misalnya, paparan cahaya matahari, kerusakan hormon, kerusakan kulit atau bahkan paparan zat kimia yang dihasilkan dari kosmetik.

Perawatan Pemutih kulit yang Sering Dilakukan

Untuk menghasilkan kulit yang putih, tent berbagai cara akan dilakukan seseorang, seperti menggunakan cara medis. Yaps, hal itu tetap dilakukan, meski risiko yang akan ditanggung memang cukup besar. Untuk lebih jelasnya, berikut  ini beberapa perawatan pemutih kulit yang umum dilakukan:

suntik Vitamin C

  • Skin Bleaching

Perawatan memutihkan ini biasanya menggunakan krim pemutih kulit yang digunakan untuk mengurangi ketidakmerataan warna kulit. Namun perlu diketahui, bahwa cara ini tidak akan mengubah warna kulit asli menjadi putih, karena  kulit Anda hanya akan terlihat putih bila menggunakan.

Lalu apa bahayanya? Jika Anda tak berhati-hati memilih krim pemutih kulit, tentu akan berisiko terhadap kerusakan kulit. Hal tersebut karena, ada beberapa krim pemutih yang memiliki kandungan kimia dengan konsentrasi tinggi, sehingga jika krim ini diaplikasikan pada kulit yang sensitif, maka akan menimbulkan reaksi alergi seperti terbakar, memerah, bahkan iritasi parah.

  • Laser Surgery

Cara memutihkan kulit lainnya yang sering dilakukan adalah laser surgery. Dimana  penembakan laser surgery dengan energi tinggi pada permukaan kulit ini berfungsi untuk menghancurkan sel kulit mati dengan memicu pembentukan sel kulit baru. Selain itu, cara ini juga berfungsi untuk mengurangi pembentukan serta kadar melanin dalam kulit.

Bahaya penggunaan cara laser surgery ini adalah, akan memunculkan efek samping seperti pembengkakan, kemerahan, dan memar. Dan untuk penyembuhannya membutuhkan waktu yang cukup lama yakni 14 hingga 21 hari.

  • Micro-Dermabrasion

Micro-dermabrasion ini merupakan cara memutihkan kulit dengan mengikis lapisan paling luar kulit yang mati untuk menghasilkan sel kulit yang baru menggunakan kristal dengan ukuran  kecil. Prinsip kerja dari perawatan ini sendiri, yakni dengan menyemprotkan kertas kecil pada permukaan kulit.

Untuk efek sampingnya adalah kulit akan memerah dalam waktu yang lama yakni 1 x 24 jam. Selain itu, bila Anda menggunakan perawatan ini, maka sangat disarankan jangan menggunakan make up jenis apa pun terlebih dahulu.

  • Suntik Vitamin C

Yaps, cara ini telah banyak digunakan saat ini, bahkan kalangan remaja pun tak luput menggunakannya. Hal ini karena, dengan menggunakan bahan berupa Vitamin C, banyak orang yang menganggap bahwa bahan ini sangat aman digunakan. Padahal tidak demikian.

Perlu diketahui, jika kadar Vitamin C dalam tubuh terlalu banyak, atau apabila Anda sering menggunakannya, maka akan mengakibatkan gangguan kesehatan, salah satunya gagal ginjal. 

Mempercantik kulit memang boleh-boleh saja, asalkan dengan cara yang tepat dan aman. Lalu bagaimana dengan perawatan pemutih kulit di atas? Apakah aman dilakukan? Aman atau tidaknya tergantung dengan jenis kulit Anda, sehingga sebelum memutuskan akan menggunakan perawatan yang mana, sebaiknya konsultasi pada dokter yang tepat.

Baca Juga :  Masker Wajah yang Bagus dan Alami Untuk Cantikkan Kulitmu