Manfaat Kefir Selain untuk Pencernaan

Manfaat Kefir
Manfaat Kefir

Hallo sahabat beauty. Sehat-sehat semua kan ya, mimin doakan semoga semuanya sehat nih girls. Tapi kali ini sepertinya mimin kurang sehat karena mengalami masalah pencernaan. Diare yang sangat menyiksa mimin belakangan ini. Ngobrol-ngorol soal diare nih girls, mimin yang baik hati ini tidak ingin kalau sampai kamu diare seperti mimin. Oleh karena itu mimin akan membagikan informasi tentang manfaat dari Kefir. Loh kok kefir? Karena Yoghurt sudah biasa dan sepertinya kurang mempan untuk mimin. Pada artikel ini mimin akan membagikan apa saja sih manfaat dari kefir dan bagaimana cara membuatnya.

Sama seperti Yoghurt, kefir merupakan salah satu hasil dari fermentasi susu dari bibit kefir. Tetapi ada beberapa kelebihan kefir dibandingkan yoghurt. Kefir bukan hanya mampu untuk mengatasi masalah pencernaan saja. Karena dengan rutin mengkonsumsi kefir, kamu juga akan mendapatkan manfaat lain seperti mencegah kanker, osteoporosis. Sudah penasaran banget kan? Yuk langsung cus lah!

Kefir > Yoghurt

Kamu pasti sudah tahu kalau yoghurt memiliki kandungan probiotik yang mampu menyeimbangkan bakteri baik sehingga membantu pencernaan agar lebih lancar. Tapi sudah tahu belum, rupanya kandungan probiotik dalam kefir ternyata memiliki jumlah yang lebih banyak. Probiotik sendiri merupaka sebuah mikroorganisme yang akan menghasilkan bakteri baik yang dihasilkan dari fermentasi bibit. Antara bibit kefir dan yoghurt, Kefir memiliki 30 jenis bakteri plus ragi yang jumlahnya lebih banyak dari pada Yoghurt.

Mengatasi Diare dan Masalah Pencernaan

Seperti yang sudah mimin sebutkan tadi, bahwa kandungan probiotik akan membantu menyeimbangkan jumlah bakteri baik pada usus. Sehingga dengan mengkonsumsi kefir kamu bisa mengatasi sakit diare atau penyakit pencernaan lainnya seperti IBS, bisul atau masalah pencernaan lainnya.

Baca Juga :  Lipstik Wardah Matte Nomor 13 Cocoa Look Membuat Tampilan Kamu Makin Vintage

Mencegah Kanker

Rupanya, selain membantu menyelesaikan masalah pencernaan. Kandungan Probiotik pada kefir juga dapat membantu menghambat pertumbuhan tumor. Sehingga kanker dalam tubuh dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi kefir ini. Tentu dalam kadar yang cukup, jangan terlalu banyak ya.

Mengurangi Risiko Osteoporosis

Selain memiliki kandungan probiotik, kefir juga kaya akan kalsium. Sementara masalah Ostepporosis adala penyakit yang akan mampu meningkatkan kepatahan pada tulang. Dengan mengkonsumsi kefir kamu akan mampu untuk mengurangi 81% risiko patah tulang.

Cara Membuat Kefir

  1. Siapkan toples dan masukan biji kefir sekitar 1 sampai 2 sendok. Perhitungannya semakin banyak jumlah biji yang ditambahkan maka akan semakin cept bakteri baik berkembangnya.
  2. Tambahkan susu (boleh susu organik atau susu murni) ke dalam toples sebanyak dua cangkir. Pastikan toples tidak terisi penuh, karena selama proses fermentasi akan memerlukan udara.
  3. (Optional) Untuk membuat kefir menjadi lebih kental, kamu juga bisa menambahkan full fat.
  4. Tutup toples selama 12-36 jam dalam suhu kamar. Kamu tidak perlu memasukan toples campuran ini kedalam lemari es karena justru akan membuat proses fermentasi menjadi terganggu.
  5. Jika kamu sudah melihat kefir sudah terlihat mengental kamu bisa menggunakan saringan dan memisahkan cairan dari biji kefirnya.
  6. Susu yang sudah mengandung kefir sudah bisa kamu nikmati. Sementara biji kerfirnya bisa kamu gunakan untuk nanti membuat kefir kembali.

Mudah bukan untuk membuat kefir rumahan sendiri? Selain itu hemat karena bibit kefirnya bisa digunakan beberapa kali. Well, itu dia girls beberapa informasi bermanfaat dari mimin kali ini. Semoga kamu sehat-sehat terus dan tetap menjaga kesehatan ya. Semoga harimu menyenangkan happy weekend and cherrio!